Educacion Infantil

Portal Informasi Terkini dan Terbaru di Indonesia

Cara Mengatur Keuangan untuk Persiapan Pernikahan

Posted on November 28, 2019 in Keuangan

Mempersiapkan pernikahan bukanlah perkara yang mudah. Mulai dari memikirkan konsep, mengumpulkan uang, hingga merealisasikan semuanya adalah usaha yang menguras tenaga dan pikiran. Namun semua tentu akan sepadan dengan kebahagiaan yang dirasakan.

Beberapa orang memutuskan untuk menguras habis semua tabungan yang dimiliki demi mewujudkan konsep pernikahan demikian. Jika Anda berniat untuk menikah dalam beberapa tahun ke depan, sebaiknya Anda menghindari cara semacam itu. Sebab setelah menikah masih banyak hal lain yang mungkin lebih penting untuk dibiayai menggunakan uang tabungan Anda.

Anda dan pasangan sebaiknya mempertimbangkan cara mengatur keuangan yang baru agar kehidupan setelah menikah tidak terhambat. Berikut adalah beberapa cara mengatur keuangan pribadi dan cara mengatur keuangan bersama yang bisa Anda coba ketika mempersiapkan pernikahan:

 

Hitung Seluruh Budget yang Dibutuhkan

Langkah paling awal yang harus dilakukan ketika hendak merencanakan pernikahan adalah merinci kebutuhan dari yang palilng besar hingga yang paling kecil. Lalu hitung dengan seksama perkiraan biaya yang dibutuhkan.

Menghitung seluruh budget ini sangat penting agar Anda dan pasangan bisa menentukan target kapan uangnya akan terkumpul. Jangan lupa masukan dana darurat untuk mengantisipasi jika ada perubahan rencana yang membutuhkan dana tambahan.

Contoh perubahan rencana yang dimaksud adalah ketika jumlah undangan membludak atau gedung yang Anda incar sudah penuh. JIka sudah begitu Anda mungkin akan perlu menambah jumlah catering dan menyewa gedung baru yang harganya lebih mahal dari budget awal.

 

Tambah Pemasukan dan Tekan Pengeluaran

Agar tabungan Anda tak terpakai sepenuhnya untuk pesta pernikahan, Anda dan pasangan perlu mulai mengumpulkan dana pernikahan dari nol. Beberapa dari Anda mungkin merasa bahwa mengandalkan gaji saja tidak akan bisa membuat Anda melangsungkan pernikahan impian. Itu artinya Anda perlu mencari sumber pemasukan tambahan.

Selain menambah pemasukan, upayakan juga untuk menekan pengeluaran. Kurangi kebiasaan jajan terlalu sering. Gunakanlah uang Anda dengan lebih bijak, hindari terlalu banyak membeli benda-benda non primer yang sebenarnya tak terlalu Anda butuhkan.

Semakin Anda disiplin menambah pemasukan dan menekan pengeluaran, semakin cepat pula uang untuk pernikahan Anda akan terkumpul. Cara mengatur keuangan ini akan sangat efektif jika Anda dan pasangan sama-sama memiliki komitmen yang tinggi.

 

Buka Tabungan Bersama

Setiap orang punya waktu yang berbeda-beda untuk mengumpulkan tabungan pernikahan. Ada yang hanya butuh hitungan bulan, ada pula yang hingga lebih dari setahun. Berapapun waktu yang dibutuhkan, Anda dan pasangan bisa mencoba membuka tabungan bersama.

Tentukan minimal besaran uang yang harus masuk ke dalam rekening bersama tersebut setiap bulannya. Pastinya angka minimal berangkat dari target berapa lama uang untuk pernikahan Anda akan terkumpul.

Jenis tabungan yang bisa digunakan untuk persiapan pernikahan ada banyak jenisnya. Sebisa muungkin Anda dan pasangan perlu menghindari tabungan biasa karena bunganya kecil dan sangat mungkin akan tergerus inflasi.

Jenis tabungan yang bisa Anda pakai sebagai cara mengatur keuangan bersama adalah:

  • Tabungan emas

Tabungan emas memiliki beberapa keunggulan jika dibandingkan dengan jenis tabungan lainnya. Keunggulan yang pertama adalah tingkat keamanannya lebih tinggi, baik dari segi keamanan maupun nilainya.

Emas tak semudah itu mengalami penurunan nilai karena tergerus iniflasi. Pencairannya juga mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Anda perlu sangat mempertimbangkan jenis yang satu ini.

  • Tabungan berjangka

Tabungan berjangka tidak sama dengan deposito. Tabungan berjangka adalah murni produk simpanan, sementara deposito merupakan produk investasi dengan setoran bulanan yang jauh lebih besar seiap bulannya.

Tabungan berjangka bisa sangat membantu bagi Anda yang kurang disiplin dalam hal menabung karena sistemnya yang auto-debet. Bunga yang ditawarkan mencapai 4 sampai 5%, cukup besar untuk membantu persiapan pernikahan Anda. Lamanya jangka waktu yang diambil bisa disesuaikan dengan target waktu pernikahan Anda.

  • Tabungan asuransi

Produk lain yang tak boleh luput dari pertimbangan Anda adalah asuransi. Jenis asuransi yang tepat akan membantu mengamankan agar semua rencana Anda berjalan sebagaimana mestinya. Ada baiknya Anda mencoba menggunakan unit link, asuransi yang juga memberikan manfaat investasi di dalamnya.

Baca Juga: Sulit Menabung? Produk Investasi Berikut Pasti Cocok untuk Anda

Usai menikah, Anda dan pasangan masih akan dihadapkan pada cara mengatur keuangan keluarga dan cara mengatur keuangan bulanan. Hal ini memang merupakan tantangan tersendiri. Jangan lupa sertakan asuransi dalam skema pengaturan keuangan Anda agar Anda tak bingung ketika terjadi hal-hal tak terduga.

Percayakan perlindungan diri dan keluarga Anda pada PFI Mega Life. Perusahaan ini siap melindungi mimpi Anda, sejak masih merencanakan pernikahan hingga kehidupan pasca menikah. Ketenangan finansial di tangan, tak ada alasan untuk tidak merancang masa depan yang menyenangkan.

Baca Juga: 5 Trik Mewujudkan Liburan Keluarga Idaman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *